Desain Rumah Minimalis Monokrom yang Simpel dan Elegan

rumah minimalis monokrom

Desain rumah minimalis monokrom yang menghasilkan tampilan simpel dan elegan telah lama dikenal dan terus berkembang dari masa ke masa. Warna netral hitam, putih, dan abu-abu merupakan warna paling populer dalam penerapan konsep monokrom. Walaupun pilihan warna yang ada telah jauh berevolusi, namun tidak bisa disangkal penggunaan warna-warna dasar tersebut tetap menjadi pilihan utama sebagian besar pemilik hunian. 

Salah satunya adalah hunian Villa Arteri House di daerah Jakarta Barat berikut ini.

Fasad rumah minimalis monokrom 3 tingkat, karya Sela Rupa via Arsitag

Tone Warna Abu-abu

Tone warna abu-abu pada dinding, lantai, dan furniture ruangan, karya Sela Rupa via Arsitag

Tone warna abu-abu menjadi dasar dari rumah minimalis monokrom ini. Warna dasar ini menjadi kanvas yang siap dilukis. Pada area living room, tone warna ini dipergunakan pada lantai, dinding, serta furniture. Penambahan elemen kayu dalam susunan panel-panel sebagai dinding aksen merangkap lemari TV membangun kesan hangat. Elemen geometris berupa lubang berbentuk lingkaran pada dinding aksen memberikan sentuhan unik di area tersebut.

Kombinasi Warna Abu-abu dan Elemen Kayu

Elemen kayu yang hangat pada lantai dan furniture, karya Sela Rupa via Arsitag

Desain rumah minimalis monokrom ini mengutamakan perpaduan antara warna abu-abu dengan elemen kayu. Elemen alam yang satu ini dihadirkan dalam bentuk berbeda di setiap ruangan. Pada kamar tidur ini, kayu dipergunakan sebagai lantai ruangan, pintu, dan juga furniture meja rias. 

Penggunaan elemen kayu ini menghadirkan unsur pola/motif serta tekstur dalam ruangan. Pola urat kayu pada lantai serta tekstur bilah-bilah kayu berjejer pada pintu dan dinding belakang meja rias tidak hanya memberikan keindahan secara visual, namun juga menegaskan perbedaan fungsi dari setiap area.

Konsep Open Space dengan Void Tinggi yang Lapang

Open space dengan void yang dimanfaatkan sebagai ruang keluarga, ruang makan, dan dapur, karya Sela Rupa via Arsitag

Rumah minimalis monokrom ini menggunakan konsep open space yang menyatukan ruang keluarga, dapur, dan ruang makan. Anggota keluarga dapat menonton acara favorit sembari melihat proses memasak di dapur. 

Area void yang berada tepat di atas sofa ruang keluarga turut membangun kesan tinggi dan lapang untuk keseluruhan area. Sebuah lampu gantung berbentuk lingkaran bersusun tidak teratur yang mengisi void tersebut menjadi bagian dari dekorasi sekaligus sumber penerangan.

Pembatas Visual dalam Area Open Space

Dapur minimalis dengan tone warna abu-abu, elemen kayu, dan appliance hitam nan elegan, karya Sela Rupa via Arsitag

Penggunaan konsep open space dibarengi dengan pembatas visual yang nyata antara setiap ruangan, sebagai contoh, tangga yang berada di samping ruang keluarga menjadi pembatas antara area tersebut dengan dapur. Desain dapurnya sendiri tetap menggunakan tone warna abu-abu dengan penambahan warna hitam elegan pada appliance berukuran besar seperti kulkas dan oven.

Pembatas visual berupa dinding aksen yang memisahkan area makan dan dapur, karya Sela Rupa via Arsitag

Area dapur dan ruang makan juga memiliki pembatas visual yang sangat jelas. Area makan memiliki dinding aksen kayu dengan furniture yang sekali lagi menggunakan tone warna monokrom abu-abu. Dalam area ini, terdapat beberapa sumber penerangan sekaligus, mulai dari lampu gantung di atas bar area dapur, lampu gantung di atas meja makan, serta beberapa lampu aksen pada area tertentu di atas meja dapur.

Sudut Kerja Mungil

Built-in furniture kayu pada sudut kerja, karya Sela Rupa via Arsitag

Sebuah sudut mungil di dalam rumah minimalis monokrom ini dimanfaatkan sebagai area kerja. Sebuah meja kerja dan rak gantung built-in yang terbuat dari kayu dilengkapi dengan high-backed ergonomic chair menjadi fitur utama area tersebut. Unsur dekorasi dihasilkan dari penggunaan dua warna pada dinding di area tersebut, yaitu putih di bagian atas dan abu-abu di bagian bawah. 

Alcove Kecil dalam Kamar Tidur

Ceruk kecil dengan tone abu-abu lembut yang menyembunyikan kepala tempat tidur, karya Sela Rupa via Arsitag

Dua buah kamar tidur dalam rumah minimalis monokrom ini menggunakan pendekatan desain yang sama, yaitu adanya alcove atau ceruk kecil untuk tempat tidur. Ceruk ini memisahkan antara lemari penyimpanan dan meja belajar.

Ceruk kecil dengan tone warna abu-abu gelap serta pintu dan jendela kaca dengankerai abu-abu, karya Sela Rupa via Arsitag

Perbedaan utama antara keduanya adalah tone warna abu-abu yang dipergunakan, di mana tone pada salah satu kamar terlihat lebih gelap dibanding kamar lainnya. Selain perbedaan tersebut, kedua kamar tidur anak didesain dengan ide yang sama baik dari lantai kayu yang dipergunakan, serta pintu dan jendela kaca pada sisi ruangan. 

Butuh bantuan untuk proyek Anda? Dapatkan penawaran dari profesional terpercaya tanpa biaya apapun!
Puji Lestari
AUTHOR
Penulis lepas yang telah menulis beragam artikel dengan berbagai tema. Senang menulis dengan ide yang kreatif, informatif, dan bermanfaat.
press releasekontaksyarat dan ketentuan
© PT Tritama Gemilang Sukses 2016 - 2022 | All rights reserved.
hello world!
Ingin Renovasi Atau Bangun?
Hubungi Kami
Ingin Renovasi Atau Bangun?
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram